Brasil Masih Berusaha Move On dari Piala Dunia 2018

BOLA MALAM – Juru taktik Tim Nasional Brasil, Tite, mengaku cukup puas dengan kemenangan 2-0 pasukannya atas Amerika Serikat, Sabtu, 8 Agustus 2018 dini hari WIB di MetLife Stadium. Namun begitu, dia menilai Neymar Jr dan kolega masih belum sepenuhnya tampil maksimal, sebab mereka masih berusaha move on dari kegagalan pahit di pentas Piala Dunia 2018 lalu.

Brasil Masih Berusaha Move On dari Piala Dunia 2018

Pada Piala Dunia 2018 yang digelar di Negeri Beruang Merah, Rusia, Brasil sejatinya menjadi salah satu Timnas yang paling diunggulkan untuk keluar sebagai kampiun. Sayang, kiprah mereka pada turnamen akbar empat tahunan tersebut kandas usai dihajar 1-2 oleh Tim Nasional Belgia di babak perempat final. Laga persahabatan kontra Amerika Serikat dini hari kemarin menjadi pertarungan perdana Selecao selepas Piala Dunia 2018.

Bermain di MetLife Stadium, Timnas Brasil terbilang tampil cukup mengesankan. Di samping meraih kemenangan 2-0 tanpa balas, mereka juga sukses menguasai jalannya pertandingan sebanyak 65 persen dengan total 12 kali tembakan yang 4 di antaranya mengarah ke mulut gawang kiper Zack Steffen. Bintang kepunyaan Paris Saint-Germain, Neymar Jr, dan ujung tombak andalan Liverpool, Roberto Firmino, menjadi dua sosok protagonis di balik kesuksesan tersebut.

Meski begitu, Tite menilai performa tim asuhannya belum berada di level teratas, dan mereka masih butuh waktu untuk kembali mencapainya.

“Kami masih memulihkan diri dari rasa sakit dan frustasi yang kami terima setelah tereliminasi di Piala Dunia 2018,” kata Tite, sebagaimana dikutip dari Goal International.

Pria dengan nama lengkap Adenor Leonardo Bacchi mengakui bahwa kegagalan di Piala Dunia 2018 kemarin masih menyisakan rasa kecewa mendalam di hati para punggawanya.

“Kami masih mencoba memulihkan sisi emosional kami. Saat bertemu dengan para pemain, kami menyadari bahwa masih ada kekecewaan yang mendalam pada tim ini,” bebernya.

Lebih jauh, Tite memastikan bahwa diirinya siap melakukan banyak rotasi selama jeda Internasional terkini guna memberi kesempatan bermain bagi para personel Timnas Brasil yang minim memperoleh jatah bertarung di Piala Dunia 2018 lalu.

“Di turnamen kemarin, Douglas Costa baru dua kali bermain. Saya ditanyai mengenai pemain-pemain kami lainnya, namun yang lain sudah mendapatkan jam bermain yang dibutuhkan,” kata pelatih berumur 57 tahun tersebut.

“Kami harus memberikan Roberto Firmino, Douglas Costa, serta Fred lebih banyak kesempatan, dan begitu juga bagi para pemain baru kami,” tegasnya.

“Kami harus memainkan para pemain ini di atas lapangan sehingga kami mempunyai kesempatan dan waktu yang baik untuk menganalisa permainan mereka, dan saya bisa katakan bahwa mereka semua berada di atas ekspektasi saya,” pungkas Tite.

Selesai dengan Amerika Serikat, Brasil siap menggelar laga uji coba ke-2 mereka pada pertengahan pekan depan. Sang peraih lima trofi Piala Dunia akan berhadapan dengan El Salvador pada Rabu, 12 September 2018 pagi WIB di FedExField Stadium.

Sekedar informasi, di fase jeda Internasional terkini, Tite juga baru saja resmi mempermanenkan Neymar Jr sebagai kapten kesebelasan Tim Nasional Brasil. Dia percaya pemain termahal sejagad tersebut bakalan sanggup membuat performa timnas Negeri Samba lebih stabil, bahkan kembali bertaji di masa mendatang.

“Seiring berjalannya waktu, orang-orang akan berkembang dan semakin dewasa, begitupula dengan Neymar. Ketika dia saya nasihati karena mendapat kartu kuning di Piala Dunia, dia sama sekali tidak protes, dan itu merupakan indikasi bahwa dia sudah berubah. Bagi saya, Neymar adalah salah satu dari tiga pemain terbaik di dunia. Kita memang tak bisa melupakan hal negatif yang pernah ia lakukan di masa lalu, namun kita juga selalu bisa membangun hal yang lebih baik kedepannya,” kata Tite.