Lopetegui Yakin Real Madrid Asuhannya Terus Berkembang

BOLA MALAM – Pelatih baru Real Madrid, Julen Lopetegui, mengaku cukup puas dengan kinerja tim besutannya sejauh ini, meski mereka belum benar-benar bermain sesuai dengan taktik usungannya. Perancang strategi berusia 52 tahun yakin bahwa skuad Los Blancos akan terus berkembang ke arah yang tepat, kendati harus memakan waktu.

Lopetegui Yakin Real Madrid Asuhannya Terus Berkembang

Banyak pihak meragukan Real Madrid sanggup bertaji musim ini, menyusul hilangnya megabintang tumpuan mereka selama 9 tahun terakhir, Cristiano Ronaldo, yang hijrah ke Juventus pada bursa transfer musim panas 2018 kemarin. Namun faktanya, di bawah komando Lopetegui El Real masih menjadi salah satu tim paling mengerikan di Spanyol, terbukti lewat kemampuan mereka menyapu bersih tiga jornada pembuka La Liga 2018/2019 dengan kemenangan. Saat ini, Los Merengues duduk di peringkat runner up klasemen sementara dengan perolehan 9 poin, identik dengan yang dikemas FC Barcelona di posisi puncak. Laskar asuhan Lopetegui hanya kalah selisih gol saja dari sang rival abadi.

“Ketika memulai sesuatu, hal pertama yang ingin anda lakukan adalah menjelaskan cara anda melakukan sesuatu, bagaimana anda melihat sepakbola dan bagaimana anda mewujudkannya pada para pemain,” buka Julen Lopetegui, sebagaimana dikutip dari SkySports.

“Para pemain datang secara bertahap. Ada beberapa dari mereka yang sudah mengenal saya, dan itu menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Namun, apa pun yang ingin anda wujudkan tentu butuh waktu, baik selama sesi latihan atau pun selama pertandingan itu sendiri. Yang pasti, kami akan terus mencoba melakukannya sebaik mungkin dengan setiap pemain agar mereka mengerti,” jelasnya.

Julen Lopetegui resmi menjadi nahkoda anyar Real Madrid sejak tanggal 12 Juni 2018 lalu, menggantikan peran Zinedine Zidane yang memutuskan mundur pada akhir musim kompetisi 2017/2018 usai mengantarkan klub meraih gelar juara Liga Champions ke-3 mereka secara beruntun. Penunjukkan Lopetegui sempat mengundang kontroversi, mengingat El Real mendapuknya saat masih resmi menjabat sebagai pelatih bagi Tim Nasional Spanyol yang kala itu tengah siap-siap berlaga di pentas Piala Dunia 2018 Rusia. Keputusan Lopetegui menerima pinangan Los Blancos membuat geram pihak Federasi Sepakbola Negeri Matador, RFEF (Real Federacion Espanola de Futbol), hingga mereka memecatnya dengan dalih tidak profesional.

Terkait hal ini, Lopetegui hanya menegaskan bahwa menerima tawaran melatih dari Real Madrid adalah sebuah keputusan tepat.

“Semuanya berjalan dengan cepat, para pemain melakukan apa yang perlu dilakukan dan berkonsentrasi pada Piala Dunia 2018. Saya tidak ingin membicarakannya, ini cukup antara para pemain dan saya saja,” katanya.

“Saya ulangi, kami (Lopetegui dan stafnya) melakukan ini karena kami yakin itulah yang terbaik, dan saya tidak akan menolak Real Madrid. Saya ingin mengatakan ‘Ya’ pada Real Madrid, dan itulah yang saya lakukan,” tutup Lopetegui.

Kiprah apik Real Madrid di bawah arahan Lopetegui serta tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo, kini tengah menjadi topik hangat di Spanyol. Laporan Marca bahkan menyebut El Real yang baru terlihat jauh lebih kompak ketimbang sebelumnya.

“Sekarang Real Madrid bermain dengan sebelas orang, bukan lagi sepuluh tambah satu, seperti di sembilan tahun terakhir. Sekarang jika pemain mendapatkan operan buruk, mereka akan mencoba untuk mendukung rekan setimnya yang melakukan itu. Sangat berbeda dari sebelumnya. Cristiano Ronaldo memang menuntut, tetapi semuanya lebih bersahabat sekarang,” tulis Marca.

Selepas jeda Internasional, Real Madrid akan melanjutkan perjalanan mereka di La Liga 2018/2019 dengan menantang Athletic Bilbao di San Mames Stadium , Minggu, 16 September 2018 mendatang.