Suarez Komentari Kualitas Real Madrid Tanpa Ronaldo

BOLA MALAM – Ujung tombak andalan FC Barcelona, Luis Suarez, memberikan pandangannya terkait kulitas dan kiprah sang rival abadi, Real Madrid, yang harus mengarungi musim kompetisi 2018/2019 tanpa diperkuat mantan megabintang andalan mereka, Cristiano Ronaldo. Menurut dia, Los Blancos masih menjadi pesaing gelar terkuat El Barca di semua ajang, sebab mereka tetap tampil hebat meski tanpa dibantu servis peraih lima trofil Ballon D’Or tersebut.

Suarez Komentari Kualitas Real Madrid Tanpa Ronaldo

Cristiano Ronaldo memang merupakan ikon kebesaran Real Madrid di 9 musim terakhir. Lewat ratusan golnya ke gawang lawan, pemain berusia 33 tahun sukses mengantarkan Los Merengues merebut dua trofi La Liga dan Copa del Rey, serta empat gelar kampiun Liga Champions yang tiga di antaranya diraih secara beruntun. Sayang, musim ini tidak ada lagi nama Ronaldo di daftar skuad El Real. Pemilik julukan CR7 memutuskan hijrah ke raksasa Serie A Italia, Juventus, setelah ditebus seharga 100 juta euro atau setara dengan Rp1,68 triliun pada bursa transfer musim panas 2018 kemarin.

Kepergian Ronaldo dari Santiago Bernabeu sempat membuat banyak pihak ragu akan masa depan Real Madrid. Namun faktanya, Los Blancos tetap mampu bersaing hebat dengan FC Barcelona di perburuan gelar La Liga 2018/2019. Keduanya mampu menyapu bersih 3 jornada pembuka dengan kemenangan, bahkan sama-sama menguasai puncak klasemen sementara lewat perolehan 9 poin. Los Merengues dipaksa duduk di peringkat runner up hanya karena kalah jumlah gol saja dari raksasa Catalan.

Dikatakan Suarez, kepergian Ronaldo sama sekali tak menggerus kekuatan Real Madrid. Mereka tetap merupakan tim tangguh karena mempunyai banyak stok pemain hebat lainnya.

Seperti diketahui, pasca ditinggal CR7, Karim Benzema dan Gareth Bale sukses mendapatkan kembali ketajaman mereka sebagai andalan tim di lini depan. Sejauh ini, total sudah 4 gol yang berhasil dibukukan penyerang asal Prancis, dan 3 oleh winger cepat asal Wales, di ajang La Liga 2018/2019. Banyak pihak menilai keduanya bisa tampil lebih lepas karena tak lagi harus menjadi pelayan Ronaldo.

“Real Madrid adalah Real Madrid. Mereka memiliki pemain yang berada di tingkatan hebat,” kata Luis Suarez, sebagaimana dikutip dari Marca.

Lebih jauh, Suarez mengatakan bahwa Real Madrid bukanlah tim yang bisa diremehkan, terlebih sekarang mereka ditukangi oleh seorang pelatih top, Julen Lopetegui, mantan arsitek Tim Nasional Spanyol. Bomber berpaspor Uruguay ini pun meminta rekan-rekan setimnya untuk lebih mewaspadai ancaman nyata sang rival di bawah komando juru taktik anyarnya.

“Bersama pelatih baru, mereka tentu mempunyai ambisi yang lebih segar. Jadi, kami harus lebih berhati-hati meski Ronaldo sudah tak lagi ada di sana,” tutup mesin gol berusia 31 tahun tersebut.

Berbanding terbalik dengan Real Madrid, Cristiano Ronaldo justeru tampak kesulitan berdaptasi dengan tim barunya, Juventus. Hingga giornata ke-3 Serie A Italia 2018/2019, kekasih dari Georgina Rodriguez belum sekalipun mampu menjebol gawang lawan-lawan si Nyonya Tua meski sudah melepas sebanyak 23 tembakan dari tiga kali penampilannya. Kemandulan sang superstar pun kontan menjadi buah bibir publik Negeri Pizza.

Banyak yang mencemooh, namun tak sedikit pula yang setia mendukung Ronaldo. Bek veteran Juventus, Andrea Barzagli, bahkan menjamin bahwa tidak ada satupun orang di Allian Stadium of Turin yang ragu akan kehebatan sang megabintang.

“Ronaldo sudah memberikan banyak bukti di sepanjang karirnya bahwa dia paham betul caranya mencetak gol. Jadi, kami tidak pernah sedikitpun ragu akan hal itu,” kata Barzagli.

“Sangat menyenangkan bisa berlatih dengannya. Ronaldo adalah pekerja keras, dan dia menyalurkan energi itu untuk kami. Dia memberikan sesuatu yang lebih kepada kami di ruang ganti. Ronaldo adalah seorang pemain dengan karakter tak suka kekalahan,” tutup bek 37 tahun tersebut.