Totti: Juventus Seng Ada Lawan

BOLA MALAM – Legenda hidup AS Roma, Francesco Totti, secara terbuka mengakui kedigjayaan Juventus di kancah sepakbola Italia. Bahkan, dia melihat tak ada satupun tim di Negeri Pizza saat ini yang sanggup menjadi tandingan hebat dari klub besutan pelatih Massimiliano Allegri tersebut, termasuk di perburuan gelar kampiun Serie A 2018/2019.

Totti Juventus Seng Ada Lawan

Juventus mendominasi persepakbolaan Italia selama beberapa tahun terakhir, bahkan mereka sukses memenangi Scudetto tujuh kali secara beruntun, plus gelar jawara Coppa Italia selama 4 musim berturut-turut. Di Serie A musim 2017/2018 lalu, Bianconeri sempat disaingi ketat oleh S.S.C. Napoli, namun pada akhirnya tetap mereka yang berhak meraih trofi kompetisi kasta tertinggi sepakbola Negeri Spagetti tersebut dengan perolehan 95 poin, unggul 4 angka dari Partenopei yang finis di posisi runner up.

Menariknya, musim ini Juventus kembali berpeluang keluar sebagai Scudetto, menyusul kesuksesan mereka memenangi tiga giornata awal Serie A 2018/2019, yakni 3-2 atas Chievo, 2-0 tanpa balas atas Lazio, dan 2-1 atas Parma. Dengan koleksi 9 poin, pasukan Massimiliano Allegri kokoh bertengger di puncak klasemen sementara, unggul 2 angka dari Sassuolo yang mengekor di peringkat runner up.

Dikatakan Totti, Juventus akan semakin sulit ditandingi dengan hadirnya sejumlah personel anyar berkualitas, yang satu di antaranya merupakan pemain terbaik di dunia era ini, Cristiano Ronaldo. Meski megabintang asal Portugal seharga 100 juta euro tersebut belum berhasil mencetak satupun gol dari 3 penampilannya, namun Totti mewanti-wanti para bek lawan Bianconeri untuk lebih waspada terhadap ancamannya. Pria kelahiran Roma, Italia, 27 September 1976 menyebut Ronaldo adalah seorang mesin gol ulung, juga seorang match winner yang mampu menentukan hasil akhir dari sebuah pertandingan. Totti percaya bahwa tidak ada satupun tim yang sanggup menjegal langkah kubu Allianz Stadium of Turin di perburuan trofi Serie A 2018/2019, dan situasi ini membuatnya sangat tidak senang.

“Juventus benar-benar seperti berada dalam liga mereka sendiri, tidak ada lawannya,” kata Francesco Totti kepada Radio Roma.

“Namun, kompetisi besar lainnya tentu mempunyai kualitas tersendiri,” sambung penyerang i Giallorossi periode 1992–2017 tersebut.

Lebih jauh, Totti juga meminta AS Roma untuk bersikap realistis, namun tetap menjadikan posisi 4 besar klasemen akhir Serie A Italia 2018/2019 sebagai target mati.

AS Roma tampak kesulitan mengarungi Serie A musim ini. Dari tiga giornata yang sudah berlangsung, pasukan Eusebio Di Francesco hanya sanggup mengantongi satu kemenangan, sementara sisanya berujung imbang dan kalah. Terbaru, I Lupi tunduk 1-2 di tangan AC Milan pada Sabtu, 1 September 2018 lalu, di San Siro Stadium. Hasil kurang apik itu pun memaksa mereka duduk di peringkat 9 klasemen sementara dengan koleksi 4 poin.

“Sudah lama sekali AS Roma tidak bisa memenangkan gelar (Serie A), namun tim lain juga tidak bisa juara. Hanya Juventus saja yang bisa memenanginya. Kita semua berada dalam posisi yang sama,” ucap Totti.

“Namun, AS Roma harus berusaha semaksimal mungkin untuk finis di antara posisi ke-2 dan ke-4, serta lolos dari babak penyisihan Grup Liga Champions. Kita harus tetap bersatu dan kompak,” seru mantan pemain berjuluk Pangeran Roma tersebut, menyudahi.

Di Liga Champions 2018/2019, AS Roma sendiri tergabung ke dalam Grup G bersama Real Madrid (La Liga Spanyol), CSKA Moskwa (Russian Premier League), dan Viktoria Plzen (Gambrinus Liga Republik Ceko). I Lupi akan mengawali perjalanan mereka dengan melawat ke markas Real Madrid, Santiago Bernabeu, Kamis, 20 September 2018 mendatang.